''BONUS'' DARI ALLAH
Tuesday, July 06, 2004 (13:46:31)

Posted by SALIB

"Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu" (Hosea 14:2).

Salah satu kebenaran yang kita ketahui adalah: Allah menjawab doa umat-Nya! Sebenarnya ini adalah kebenaran setengah, karena kebenaran yang penuh adalah: Allah menjawab doa umat-Nya dengan berlebihan ? lebih dari apa yang kita minta.

Hosea bernubuat kepada bangsa Israel supaya mereka bertobat dan berdoa memohon pengampunan. Doa ini sangatlah sederhana. Apa yang mereka lakukan hanyalah meminta Allah mengampuni kesalahan mereka. Jawabannya, Allah tidak hanya mengampuni kesalahan mereka, tetapi juga memberi "bonus" berkat yang luar biasa, "Aku akan memulihkan mereka .....Aku akan mengasihi mereka ...... Aku akan seperti embun bagi Israel .....ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar. Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon. Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon" (ay. 5-8).

Inilah doa yang dijawab dengan berlebih-lebihan!

Ketika salomo berdoa kepada Allah meminta hikmat (1 Raj. 3:9), Allah tidak hanya menjawab dengan memberikan hikmat kepadanya, tetapi juga memberikan "bonus": kekayaan dan kemuliaan (ay. 13)!

Saat bangsa Israel dijajah dan ditindas bangsa Amon, mereka berdoa memohon perlindungan (Hak. 10:15). Mereka cuma minta supaya mereka jangan ditindas, tetapi doa ini dijawab Allah dengan menyerahkan bangsa Amon kepada Israel (11:32, 33). Wong cuma minta dilindungi saja, eh malah diberi kemenangan total atas bangsa Amon!

Bagaimana pula dengan penjahat yang disalibkan yang berada di sebelah kanan Tuhan Yesus? Ia sadar bahwa dia adalah seorang penjahat besar. Baginya, menerima pengampunan adalah segala-galanya dan ia tidak mengharapkan lebih daripada itu. Karena itu dengan menyesal ia cuma memohon supaya Yesus mengingatnya bila Ia datang kelak sebagai raja (Luk. 23:42). Tetapi apa jawab Tuhan? "....sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus" (ay. 43). Tuhan tidak hanya mengingatnya, tetapi juga mengampuni kesalahannya dan memberinya hidup kekal!

Begitu juga dengan pengemis lumpuh yang meminta "cepekan" (Rp. 100) pada Petrus dan Yohanes, tetapi pengemis ini justru memperoleh kesembuhan (Kis. 3:1-10).

Benarlah kata firman Tuhan, "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh LEBIH BANYAK dari pada yang kita DOAKAN atau PIKIRKAN, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita" (Ef. 3:20).

Mengertikah Anda bahwa Allah tidak hanya sekedar menjawab doa kita? Ya, Dia menjawab doa kita beserta "bonus" karena Ia sangat mengasihi kita. Biarlah kebenaran ini akan semakin mempertebal kepercayaan kita kepada-Nya.(©salib.net)

Allah kita adalah Allah yang royal menjawab doa anak-anak-Nya.

Content received from: salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota, http://www.salib.net