ANDA SEORANG NIKODEMUS?
Tuesday, February 23, 2016 (02:43:42)

Posted by admin

“Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah” (Yohanes 3:3).

Menjadi orang terkenal dan disorot banyak orang memang tidaklah mudah. Gerak-geriknya selalu menjadi perhatian orang. Misalnya seorang selebritis dengan dandanan rambut baru. Biasanya banyak orang akan memperhatikan lalu menirunya. Begitu juga dengan Nikodemus. Ia disebut sebagai orang Farisi dan pemimpin agama Yahudi. Menurut beberapa kamus Alkitab, Nikodemus adalah anggota Sanhedrin - dewan agama tertinggi - dan merupakan salah satu dari tiga orang terkaya di Yerusalem saat itu (New Unger’s Bible Dictionary). Melihat posisinya, jelas sekali bahwa gerak-geriknya tidak luput dari perhatian massa. Tidak heran bila ia ingin bertemu Yesus pada malam hari  untuk menghindari perhatian massa.

Kepada Nikodemus inilah Yesus menekankan perlunya seseorang dilahirkan kembali untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Kelahiran kembali adalah hidup kekal yang diberikan manusia dan merupakan hasil karya Roh Kudus dalam jiwa manusia yang terhilang melalui iman di dalam Yesus. Bila Anda tidak dilahirkan kembali, Anda tidak akan masuk dalam kerajaan Allah, sebab apa yang dilahirkan dari daging adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah Roh.

Menurut kamus yang sama juga, sejarah menyebutkan bahwa setelah Nikodemus menjadi Kristen ia menjadi miskin, dan salah satu anak wanitanya terlihat memunguti bulir-bulir gandum di bawah kaki-kaki kuda. Beberapa orang menduga ini karena agama baru yang dianutnya itu yang menyebabkan ia harus mengalami penganiayaan.

Bila Anda adalah seorang Nikodemus dan Anda sedang membaca renungan ini, berarti ini bukanlah kebetulan. Tuhan mengundang Anda untuk masuk dalam kerajaan-Nya. Mungkin selama ini Anda malu untuk masuk ke gereja  ikut bertepuk tangan, meloncat-loncat memuji Tuhan  sebagian orang menganggap ini perbuatan orang bodoh, tetapi bila Anda melakukannya, Anda akan menemukan sukacita. Jangan menghiraukan pandangan orang mengenai Anda, sebab keselamatan itu adalah urusan Anda pribadi dengan Allah. Dalam penghakiman nanti tidak satu pengacara pun yang akan mendampingi Anda. Anda sendiri yang berhadapan secara pribadi dengan Tuhan.

Apakah Anda telah dilahirkan kembali? Masuk ke gereja tidak menjamin seseorang telah dilahirkan kembali, bila suami atau istri Anda belum melihat perubahan dalam hidup Anda.(©salib.net)

Content received from: salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota, http://www.salib.net