salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota



· Taruh di Home Page

Welcome Anonymous

Nickname
Password

Membership:
Latest: buyjerseysdallas
New Today: 0
New Yesterday: 0
Overall: 1614

People Online:
Members: 0
Visitors: 23
Bots: 1
Staff: 0
Staff Online:

No staff members are online!
Last 10 Forum Messages

Dvd Debat Islam Vs Kristen ke 7 sudah tesedia
Last post by golgota in Agenda Kita on Sep 23, 2017 at 10:02:38

Debat Islam vs Kristen di Surabaya
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 28, 2017 at 14:51:17

Rencana Debat terbuka dgn Islam di Univ.Muhammadiyah Sidoard
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 16, 2017 at 23:25:28

Gsm Membahas : Doktrin Allah Tritunggal
Last post by golgota in Agenda Kita on May 30, 2017 at 15:16:22

Kebangkitan Yesus
Last post by golgota in Belajar Alkitab on Apr 24, 2017 at 16:17:42

Tolong minta didoakan...!
Last post by butrus8cv in Konseling on Mar 19, 2017 at 07:33:46

Seminar Apologetika di GKKK Makassar
Last post by Denny in Agenda Kita on Jan 19, 2016 at 14:25:17

Video Seminar: "HYPER GRACE" (Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 27, 2015 at 09:45:33

Video Seminar: BIBIT, BEBET, BOBOT, & BIBLIKA (Pdt. YTH)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 23, 2015 at 05:15:55

Natal 2015 - "Sebelum Abraham jadi, Yesus sudah ada"
Last post by golgota in Agenda Kita on Dec 10, 2015 at 15:34:13

We have received
12800062
page views since
April 2004

Mewartakan Salib dari Golgota

Copy and paste the text below to insert the button displayed above on your site. Thanks for your support!

Forum dan Diskusi > > Kekristenan > > Konseling > > Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper????
Result

Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper????
Punya masalah yang belum terpecahkan dan bingung mau minta nasihat ke siapa? Cobalah bagikan di sini, entar rekan-rekan kita akan membantu dengan memberikan nasihatnya.
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index > > Konseling
View previous topic :: View next topic  

Apakah di gereja anda memiliki gosip?
Ada
100%
 100%  [ 4 ]
Tidak ada
0%
 0%  [ 0 ]
Total Votes : 4

Author Message
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Fri Aug 25, 2006 7:39 pm    Post subject: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

AloW teman2!!!! Razz Very Happy Surprised Laughing Wink Rolling Eyes Cool

Saya di sini ingin membahas tentang gosip di gereja.
Saya melihat saat ini gereja sudah gak 100% murni lagi untuk beribadah, untuk memuji dan bertemu dengan Tuhan. Sekarang ini saya melihat bahwa banyak anak2 gereja baik muda dan tua justru malah ngerumpi atau bergosip dengan teman2 mereka setelah ibadah. Bahkan hampir seluruh isi gereja.

Nah, inilah yang menjadi pembahasan kita, apakah teman2 juga merasa bahwa di gereja temen2 juga mempunyai gosip. Mungkin temen2 bisa menjelaskan seberapa parahnya gosip yang ada dan siapa aja pelakunya, dan mengapa hal itu bisa terjadi. Confused

Dan ditengah2 pun saya akan menambahkan masukan2 dari psikolog dan senior2 saya. Wink

gimana temen2??? Laughing
ada yang ingin menjawab dan bercerita?? Surprised Surprised

bye.............
GBUs

Dan kita pun di sini bisa bertukar pikiran bagaimana caranya untuk menghapus kebiasaan buruk tersebut di gereja kita. Ya gak?

gimana temen2???

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
St.Dans
Newbie
Newbie


Joined: Aug 08, 2006
Posts: 116

PostPosted: Sat Aug 26, 2006 10:14 am    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

di mana- mana pasti ada pelaku gosip. dan setiap hal dapat di jadikan komoditas gosip, bahkan cenderung mengarah kepada fitnah... nah ingat apa yang penulis surat Yakobus; hati-hati dengan lidah kita dan jangan kita menjadi pemfitnah!!!!!!!!!!!!!

****
Kapan You mau datang ke CWS, I dan anak buah I tunggu lho.........
Back to top
View user's profile Send e-mail
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Sun Aug 27, 2006 2:22 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

AloW,

nah itulah permasalahannya om.
kenapa di gereja sekarang ini, bukannya kita datang untuk beribadah, tetapi malah ngobrol dan ngerumpi, bahkan ngegosipin orang lain. Itulah permasalahannya yang akan kita bahas saat ini.

Dan saya juga ingin bertanya kepada teman2, apakah di gereja teman2 juga ada gosip?? atau cuma di beberapa gereja tertentu saja?

Dan saya juga akan menjawab pertanyaan saya(kemarin saya mau jawab tapi gak sempet),
Di gereja saya ada gosip, yang gosip itu semuanya, dari yang kecil, muda, sampai yang tua. Saya masih gak tau siapa yang memulainya atau menjadi provokatornya.

Tapi yang pasti, jika anda di gereja saya sudah mulai melayani, anda akan disorot jemaat, dan jika anda melakukan suatu kesalahan, anda pun akan langsung digosipin.

Yah, mungkin itulah pelayan Tuhan, menjadi public figure, dan pastinya jadi "contoh" dan "teladan", makanya jika anda salah, langsung digosipin dan dimarahin sama para2 penatuanya.
Untuk sementara, segitu dulu cerita saya tentang gosip di gereja saya.


Sebagai tambahan dan pendapat dari saya, jika hubungan antar jemaat di suatu gereja semakin dekat, maka semakin besar pula gosip yang beredar di gereja tersebut. Karena setiap orang mengenal 1 sama lain, sehingga jikalau ada suatu hal yang terjadi di dalam gereja, maka 1 orang akan menceritakan kepada jemaat yang lain, sehingga terjadilah gosip.


Topik ini dibuka bukan dengan maksud untuk menjelekan satu atau beberapa gereja yang mempunyai gosip, tetapi melainkan untuk bertukar informasi dan mencari jalan keluar agar gosip yang ada di gereja dapat dikurangi, bahkan dihilangkan. Karena jauh lebih baik jika setiap jemaat membantu dan menopang serta menasehati jemaat yang lain bila melakukan kesalahan sehingga dapat saling membangun 1 sama lain, bukan mengosipkan kesalahan jemaat tersebut yang dapat menjatuhkan.

Bagaimana bisa kita menajdi maju jika kita tidak diberi tahu kesalahan kita, tetapi kita hanya dibicarakan orang lain dibelakang kita saja. Bukannya kita maju, malah kita bingung dan kecewa.

thx all.
saya tunggu pendapat, masukan, komentar, dan cerita teman2 semuanya.
bye.................................
GBUS

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
St.Dans
Newbie
Newbie


Joined: Aug 08, 2006
Posts: 116

PostPosted: Wed Aug 30, 2006 3:15 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

Menyaring Gosip
Andrias Harefa

Apakah hal yang paling suka diperbincangkan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari? Salah satu jawaban mungkin ini: gosip. Gosip enak diperbincangkan karena menyangkut hal-hal detail tertentu tentang orang lain yang tidak jelas asal usulnya. Kenikmatan bergosip ria justru terletak pada ketidakjelasan sumber dan kebenaran dari hal ihwal yang diperbincangkan, sehingga semua pihak yang memperbincangkannya merasa berhak menambahkan bumbu-bumbu penyedap semaunya sendiri.

Dimulai dengan kata-kata seperti ”Sssst! Sudah tahu belum, si Anu ...”, atau ”Eh, katanya si Jadul sekarang ...”, atau yang semacam itu, gosip kemudian menyebar dengan kecepatan yang sering kali mengagumkan. Dibantu dengan teknologi komunikasi, terutama telepon genggam dan internet, setiap hari berbagai isu yang tak jelas asal usulnya berseliweran di sekitar kita melalui layanan pesan singkat dan surat-surat elektronik. Jumlah layanan pesan singkat yang beredar setiap hari disinyalir lebih dari 80 juta pesan (data awal tahun 2005), sementara surat elektronik tak terlalu jelas datanya. Lalu berapa persenkah dari pesan-pesan dan surat-surat elektronik itu yang berisi gosip? Entahlah.

Hal ihwal yang digosipkan orang juga bisa sangat variatif. Mulai dari soal-soal yang bernuansa politik (”Eh, katanya Pres sudah tidak percaya lagi sama Wapres, karena .....”); ekonomi (”Sekarang ini perekonomian dikuasai kelompok BBM, alias Bukaka Bakrie Medco ...”); sampai ke soal-soal yang bersifat pribadi (”Ternyata, Si Poni itu simpenannya pengusaha kaya ...”, ”Nggak nyangka ya, Si Enong tega berbuat serong dengan ...”). Dengan kata lain, tema perbincangan amatlah luas dan nyaris tanpa batas yang bisa didefinisikan secara tegas.

Pelaku gosip juga tidak bersifat eksklusif. Gosip digemari berbagai lapisan sosial dalam masyarakat, tanpa diskriminasi jender, mulai usia remaja sampai tua bangka, dan tak dibatasi oleh letak geografis wilayah tertentu saja. Tidak heran jika tempat bergosip ria bisa ditemukan di mana saja orang sering berkumpul, baik di tempat antar jemput anak sekolah, warung makan pinggir jalan, restoran mahal, pusat-pusat pembelanjaan, pusat-pusat kebugaran, salon-salon kecantikan, tempat arisan, sampai ke tempat-tempat ibadah, semuanya bisa dimanfaatkan menjadi ajang pergosipan.

Bahwa gosip telah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari, makin dipertegas oleh eksisnya acara-acara gosip yang mengutak-atik kisah-kisah kaum selebritas, orang-orang terkenal. Hampir semua stasiun televisi memiliki acara khusus yang gosip-gosip kaum selebritas itu. Bahkan jam tayangnya pun ada yang sampai lebih dari sekali dalam sehari—ada edisi pagi dan ada edisi siang/sore hari—meski yang ditayangkan tetap itu-itu saja.

Apakah gosip memiliki manfaat positif bagi kehidupan kita? Saya tidak memiliki jawaban yang definitif dalam soal ini. Namun, sebuah kisah yang beredar di milis milik kompleks perumahan di mana saya tinggal, memberikan ”alat bantu” yang saya kira efektif untuk menjawab pertanyaan mengenai manfaat dari kegiatan bergosip-ria. Dan tidak kepalang tanggung, ”alat bantu” untuk menangkal kebiasaan bergosip ini diwariskan oleh seseorang yang dikenal sebagai nenek moyangnya kaum bijak dari negeri Yunani sana. Berikut petikannya:

Di zaman Yunani kuno, Socrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanaannya yang tinggi.

Suatu hari seorang pria berjumpa dengan Socrates dan berkata, ”Tahukah anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman anda?”

”Tunggu sebentar,” jawab Socrates. ”Sebelum memberitahukan saya sesuatu, saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian tersebut dinamakan Ujian Saringan Tiga Kali.”

”Saringan tiga kali?” tanya pria tersebut.

”Betul,” lanjut Socrates. ”Sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan. Itulah kenapa saya sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Kali. Saringan yang pertama adalah KEBENARAN. Sudah pastikah anda bahwa apa yang anda akan katakan kepada saya adalah benar?”

”Tidak,” kata pria tersebut,”sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada anda”.

”Baiklah,” kata Socrates. ”Jadi anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak.”Sekarang mari kita coba saringan kedua yaitu: KEBAIKAN. Apakah yang akan anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik?”

”Tidak, sebaliknya, mengenai hal yang buruk”.

”Jadi,” lanjut Socrates, ”anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi anda tidak yakin kalau itu benar. Anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya, yaitu: KEGUNAAN. Apakah apa yang anda ingin beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya?”

”Tidak, sungguh tidak,” jawab pria tersebut.

”Kalau begitu,” simpul Socrates, ”jika apa yang anda ingin beritahukan kepada saya... tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, kenapa ingin menceritakan kepada saya?”

Sebuah panah yang telah melesat dari busurnya dan membunuh jiwa yang tak bersalah, dan kata-kata yang telah diucapkan yang menyakiti hati seseorang, keduanya tidak pernah bisa ditarik kembali. Jadi sebelum berbicara, gunakanlah Saringan Tiga Kali.


Apakah benar cerita di atas berasal dari Socrates yang terkenal amat bijak itu? Saya, yang notabene tidak pernah kuliah di fakultas filsafat dan susah mencerna buku-buku filsafat, tidak bisa mengkonfirmasikan kebenarannya. Namun, satu hal bisa saya pastikan, yakni dengan mengikuti disiplin Saringan Tiga Kali, ada banyak sekali gosip yang harus terhenti secara mendadak. Sebab gosip seperti apakah yang bisa disebut BENAR, BAIK, dan BERGUNA?

Tabik Mahardika!

***

Andrias Harefa, Penulis buku terlaris Menjadi Manusia Pembelajar [Kompas, 2000] dan fasilitator www.pembelajar.com
Back to top
View user's profile Send e-mail
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Thu Aug 31, 2006 1:53 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

AloW,

wah, thx banget lho om Dan atas khotbahnya.

Kalau boleh nanya nih, ada gak sih yang bisa kita lakukan buat mengurangi gosip yang beredar di gereja kita?
Kalo Om Dan bagaimana cara mengatasinya? Kan Om Dan senior kita.

Saya juga tunggu jawaban dan komentar dari yang lain lho.
bagaimana teman2???

thx all.........................
bye.............................
GBUS

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
St.Dans
Newbie
Newbie


Joined: Aug 08, 2006
Posts: 116

PostPosted: Thu Aug 31, 2006 2:43 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

Ngel....itu bukan Khotbah saya, itu artikel yang saya dapat dan saya pikir pasti memberkati kita semua...makanya saya posting ke sini...

Mungkin salah satu cara untuk mengurangi gosip di gereja kita adalah:
1. perkuat persekutuan

2. terima anggota jemaat dengan apa adanya! kalau sekarangkan kita terima ada apanya,..tul...gak?????

3. Buatlah komitmen bersama bahwa kita adlah satu keluarga di dalam Tuhan dan untuk itu setiap hal or pembicaraan yang menjatuhkan dan membuat iman jemaat mati, harus disingkirkan. coba pikirkan jika keluarga biologis kita (papa, mama, kakak or adik kita) yang mengalami kekurangan, apakah kita akan juga menggosipkan dia????tentu tidak bukan bahkan kita tentunya akan berjuang agar dia hidupnya akan menjadi baik....

4. himbauan dari mimbar, baik oleh Gembala maupun para pengerja...




St.Dans
Back to top
View user's profile Send e-mail
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Fri Sep 01, 2006 12:19 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

AloW,

iya, saya tau itu bukan khotbah Om, tapi kan Om yang bawa dan ceritain ke forum ini, jadinya saya bilangnya Om yang khotbah. gpp kan.

Begini Om, saya pernah denger bahwa ada penelitian yang mengatakan bahwa sebenernya pada awalnya itu yang memulai gosip di gereja itu adalah kaum wanita dewasa. Para Ladies bercerita di gereja tentang gosip dan di rumah mereka memberitahukan kepada anak2nya dan suaminya yang juga ada di gereja, Lalu anak2nya pun cerita ke teman2nya. Akhirnya semuanya ikut2an ngegosip.
Tapi itu dulu, sekarang yang tua dan muda sama saja. Ada gosipnya.

Saya pernah mendengar bahwa (KALAU TIDAK SALAH),
menurut penelitian yang ada,
seorang prajurit berbicara sekitar 3.400++ kata setiap harinya,
sedangkan pendeta berbicara sekitar 7.400++ kata setiap harinya,
Lalu seorang pelajar berbicara 8.100++ kata setiap harinya,
Dan yg trbnyk, Ibu-ibu muda yg berbicara sekitar 15.800++ kata perhari,
Jangan salah, masih ada lagi lho,
Yang terbanyak adalah kaum Ibu-ibu mertua yang memakai 19.800++kata setiap harinya.
(saya rasa Om Dan lebih tau mengenai hal ini)

Bayangkan. Itupun kalau mereka sedang berada di rumah, kalau di gereja??

Weleh2, Tapi itu gak pasti bener lho, saya lupa pernah mendengarnya dimana, tapi itu yang sempat saya catat.

Mungkin dengan yang om Dan tulis itu masih susah diwujudkan.
Walaupun kita sudah mengikat persekutuan yang baik, tetap saja yang namanya gosip susah dihilangkan.

gimana ini om??
Apa memang gosip dan gereja adalah sesuatu hal yang tak dapat dilepaskan??

sori kalau ada yang salah.......................
thx all...................................................
thx Om..................................................
bye........................................................
GBUs

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
St.Dans
Newbie
Newbie


Joined: Aug 08, 2006
Posts: 116

PostPosted: Fri Sep 01, 2006 1:30 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

tadi saya baru diskusi dengan rekan pendeta, dia juga mengeluh akan hal ini. memang sepertinya gosip tidak akan dapat dihilangkan...
so what ..........., kembali kepada pribadi-pribadi....apakah kita mau terlibat jadi pelaku gosip, pengrespon gosip, just listening...or..etc.......
saya yakin saringan Socrates pasti bermanfaat bagi kita, terlebih jika kita melakukan firman dalam Flp 4:8 dan merenungkan apa yang penulis Amsal katakan tentang berkata-kata dan tentang "lidah"...

GBU...

St.Dans
Back to top
View user's profile Send e-mail
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Fri Sep 01, 2006 7:13 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

AloW,

wew, jadi kembali kepada diri masing2 yah??

kalo teman2 yang lain gimana nih????
cerita dan kasih pendapat juga donk.
mplue???
dessy???
ryu?????
pius????
Buddy??? Kemana dirimu, kak?

ok..
ditunggu lho

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
m_plue
Newbie
Newbie


Joined: Aug 20, 2005
Posts: 26

PostPosted: Fri Sep 01, 2006 7:57 pm    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper Reply with quote

biasanya sih klo ada "gank2-an" antar jemaat ato komisi di gereja suka ada aja tuch yg keluarin cerita2 beginilah-begitulah.. si-inilah-si-itulah, palagi klo lg pada rapat majelis, komisi, ato guru sm, adaaa aja yg "nglenceng" dari bahasan rapat malah pada betah tuch ampe berjam-jam "diskusi" di gereja, n akhirnya ga sedikit lho keluarganya yg "terbengkalai" dan akhirnya satu-persatu mulai dech mundur teratur..kesinggung gitu ceritanya Sad . bukannya jadi berkat malah jadi batu sandungan.. prihatin ga sich? Embarassed
Back to top
View user's profile Send e-mail Yahoo Messenger
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Sat Sep 02, 2006 1:16 am    Post subject: Re: Gereja anda termasuk True Worshipper atau True Gossipper???? Reply with quote

AloW,

nah, itulah..........
kenapa bisa gereja yang tempat beribadah malah justru jadi tempat ngegosip?

btw, kok pertanyaan pollingnya gak dijawab, kak mplue????

ok. saya tunggu jawaban dan komentar dari yg lain.

thx all.
bye............................
GBUs

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index -> Konseling All times are GMT + 7 Hours
Page 1 of 1


Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum
You cannot attach files in this forum
You can download files in this forum


Semua artikel, forum, dan berita di situs ini adalah tanggung jawab para pengirim.
Silakan menyadur atau meng-copy seizin kami. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber: salib.net.
Interactive software released under GNU GPL, Code Credits, Privacy Policy
Azul theme and related images designed by Jamin - upgraded by Phoenix.