salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota



· Taruh di Home Page

Welcome Anonymous

Nickname
Password

Membership:
Latest: buyjerseysdallas
New Today: 0
New Yesterday: 0
Overall: 1614

People Online:
Members: 0
Visitors: 26
Bots: 0
Staff: 0
Staff Online:

No staff members are online!
Last 10 Forum Messages

Dvd Debat Islam Vs Kristen ke 7 sudah tesedia
Last post by golgota in Agenda Kita on Sep 23, 2017 at 10:02:38

Debat Islam vs Kristen di Surabaya
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 28, 2017 at 14:51:17

Rencana Debat terbuka dgn Islam di Univ.Muhammadiyah Sidoard
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 16, 2017 at 23:25:28

Gsm Membahas : Doktrin Allah Tritunggal
Last post by golgota in Agenda Kita on May 30, 2017 at 15:16:22

Kebangkitan Yesus
Last post by golgota in Belajar Alkitab on Apr 24, 2017 at 16:17:42

Tolong minta didoakan...!
Last post by butrus8cv in Konseling on Mar 19, 2017 at 07:33:46

Seminar Apologetika di GKKK Makassar
Last post by Denny in Agenda Kita on Jan 19, 2016 at 14:25:17

Video Seminar: "HYPER GRACE" (Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 27, 2015 at 09:45:33

Video Seminar: BIBIT, BEBET, BOBOT, & BIBLIKA (Pdt. YTH)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 23, 2015 at 05:15:55

Natal 2015 - "Sebelum Abraham jadi, Yesus sudah ada"
Last post by golgota in Agenda Kita on Dec 10, 2015 at 15:34:13

We have received
12813147
page views since
April 2004

Mewartakan Salib dari Golgota

Copy and paste the text below to insert the button displayed above on your site. Thanks for your support!

Forum dan Diskusi > > Kekristenan > > Belajar Alkitab > > NEW YEAR or "NEW" YEAR? (Denny Teguh Sutandio)
Result

NEW YEAR or "NEW" YEAR? (Denny Teguh Sutandio)
Alkitab adalah buku Allah yang kadang sukar dipahami. Ajukan pertanyaan Anda mengenai firman Tuhan, sekaligus untuk semakin memperdalam Alkitab. Topik ini lebih ditujukan kepada orang Kristen yang sudah lahir baru.
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index > > Belajar Alkitab
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Denny
Newbie
Newbie


Joined: Jun 24, 2006
Posts: 954
Location: -

PostPosted: Thu Dec 30, 2010 6:59 pm    Post subject: NEW YEAR or "NEW" YEAR? (Denny Teguh Sutandio) Reply with quote

NEW YEAR or “NEW” YEAR?
Menyambut Tahun Baru Dengan Hati yang Baru


oleh: Denny Teguh Sutandio




Tahun 2011 merupakan peringatan tahun baru bagi kita semua. Biasanya kita merayakannya dengan pesta atau kumpul-kumpul keluarga. Pada pergantian tahun 31 Desember 2010 menuju 1 Januari 2011, banyak dari kita begadang sampai larut malam demi menyambut tahun baru. Namun apa makna tahun baru? Benarkah tahun baru itu benar-benar baru? Bukankah ketika kita dari tahun 2009 menuju 2010, kita juga menyebut 2010 sebagai tahun baru? Apa beda kata “baru” antara tahun 2010 dengan 2011? Mari kita telusuri definisi baru menurut ukuran dunia vs Alkitab.

Tahun baru bagi mayoritas orang dunia selalu diidentikkan dengan pergantian. Barang-barang yang lama diganti dengan yang baru. Entah itu pada tahun baru Masehi maupun tahun baru Tionghoa (Imlek), banyak orang ingin mengganti segala sesuatu menjadi baru, dari: seprei, baju, dll. Nanti tahun depan pada tahun baru Masehi maupun Imlek, mereka terus melakukan hal yang sama, sehingga kita bisa menghitung berapa potong baju atau buah seprei yang ada di dalam rumah banyak orang (bisa buka butik atau toko seprei tuh, hehehe)…

Selain pergantian, filsafat baru bagi banyak orang identik dengan perubahan. Apa yang diharapkan oleh rakyat ketika presiden baru dilantik? Pasti sebuah PERUBAHAN. Perubahan ke arah mana? Positif atau negatif? Mereka tentu mengharapkan sesuatu yang positif. Tetapi makin manusia mengharapkan perubahan, justru fakta berkata bahwa perubahan menuju ke arah negatif atau bahkan tidak ada perubahan yang terjadi. Bahkan Presiden Amerika Serikat, Barack H. Obama yang meneriakkan Change (perubahan), di dalam pemerintahannya hampir tidak ada perubahan signifikan yang lebih baik, namun makin merosot: etika dan moralitas makin rusak, dll.

Sebenarnya, ada apa di balik gejala dunia yang menghendaki: pergantian dan perubahan? Ide dasarnya adalah ketidakpuasan. Manusia terus merasa tidak puas dengan kondisi yang dihadapinya dan berharap dengan adanya sesuatu yang baru, hidup mereka berubah akan menjadi lebih baik. Namun, fakta berbicara bahwa makin mereka tidak puas dan mengharapkan perubahan dan pergantian, mereka justru makin tidak berpengharapan (hopeless). Mengapa? Karena yang mereka idam-idamkan adalah sesuatu yang kasat mata, supaya indah dipandang dan dibanggakan, namun kedalaman hati mereka rusak tidak karuan. Tidak heran, makin mereka merayakan tahun baru, hidup mereka tak pernah berubah secara signifikan.

Lalu, apa kata Alkitab tentang “baru”? Mengutip Pdt. Yohan Candawasa, S.Th., iman Kristen TIDAK sama seperti iman pada agama-agama lain yang terus memperhatikan performa (apa yang boleh dan tidak boleh), tetapi iman Kristen adalah iman HATI. Artinya, iman Kristen lebih memperhatikan perubahan hati ketimbang perubahan performa. Baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, Allah mengajar prinsip ini. Allah berfirman, “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.” (Yeh. 36:26) Allah melalui Rasul Paulus mengajar kita, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2Kor. 5:17) Bahkan Paulus dengan tajam melihat pembaharuan hati lebih penting daripada performa, “Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.” (Gal. 6:15) Mengapa Allah mengajarkan pembaharuan hati lebih penting ketimbang pembaharuan performa? Karena Ia lebih memperhatikan hal-hal yang terdalam dari diri manusia yang tidak bisa ditipu. Jika performanya berubah, mungkin banyak orang melihat hal tersebut, namun performa berubah TIDAK menjamin HATI berubah, karena hati berbicara tentang hal-hal tersembunyi yang hanya bisa diketahui oleh Pencipta manusia, yaitu Allah. Tidak heran, ketika hendak memilih seorang raja menggantikan Saul, Tuhan berfirman kepada Samuel, “Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (1Sam. 16:7b) Tuhan menghendaki pembaharuan hati terlebih dahulu, karena dari hati yang murni keluar pemikiran, perkataan, dan sikap yang beres (Mat. 15:18-19). Pembaharuan hati dapat dimulai dari komitmen dan tekad kita untuk menyerahkan hati kita kepada Tuhan untuk dikoreksi oleh-Nya melalui firman-Nya (Alkitab). Makin kita belajar Alkitab, hati kita makin dimurnikan seturut dengan kehendak dan perintah-Nya serta Roh Kudus akan memimpin hidup kita untuk menjalankan kehendak-Nya. Dan lagi makin kita belajar firman-Nya dan hati kita dimurnikan, makin kita terus bersyukur atas anugerah-Nya setiap hari dalam hidup kita. Hal ini membuat kita enggan menggerutu dan putus asa dalam hidup, karena hati kita telah terpaut pada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan, Juruselamat, dan Kekasih jiwa kita.

Bagaimana dengan kita? Apa yang mendorong kita memperingati tahun baru? Apakah kita merasa tidak puas dengan yang lama? Tentu tidak ada salahnya merayakan pergantian tahun dan tahun baru, tetapi apa yang kita mengerti dengan filsafat baru seturut Alkitab? Biarlah kita menyambut tahun 2011 bukan hanya sebagai tahun yang baru bagi kita, namun sebagai tahun yang benar-benar baru karena kita telah, sedang, dan akan menyerahkan hati kita untuk dibentuk sesuai dengan firman Tuhan. Amin. Soli Deo Gloria.

_________________
“…the true light of wisdom, sound virtue, full abundance of every good, and purity of righteousness rest in the Lord alone.”
by: Dr. John Calvin, Institutes of the Christian Religion (USA: Westminster John Knox Press, 2006), Book I, Chapter 1.
Back to top
View user's profile Visit poster's website AIM Address MSN Messenger Yahoo Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index -> Belajar Alkitab All times are GMT + 7 Hours
Page 1 of 1


Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum
You cannot attach files in this forum
You can download files in this forum


Semua artikel, forum, dan berita di situs ini adalah tanggung jawab para pengirim.
Silakan menyadur atau meng-copy seizin kami. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber: salib.net.
Interactive software released under GNU GPL, Code Credits, Privacy Policy
Azul theme and related images designed by Jamin - upgraded by Phoenix.