salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota



· Taruh di Home Page

Welcome Anonymous

Nickname
Password

Membership:
Latest: buyjerseysdallas
New Today: 0
New Yesterday: 0
Overall: 1614

People Online:
Members: 0
Visitors: 28
Bots: 1
Staff: 0
Staff Online:

No staff members are online!
Last 10 Forum Messages

Dallas Cowboys Jersey of the game
Last post by buyjerseysdallas in Berita/Artikel di Salib.Net on Nov 10, 2017 at 05:52:31

Dvd Debat Islam Vs Kristen ke 7 sudah tesedia
Last post by golgota in Agenda Kita on Sep 23, 2017 at 10:02:38

Debat Islam vs Kristen di Surabaya
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 28, 2017 at 14:51:17

Rencana Debat terbuka dgn Islam di Univ.Muhammadiyah Sidoard
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 16, 2017 at 23:25:28

Gsm Membahas : Doktrin Allah Tritunggal
Last post by golgota in Agenda Kita on May 30, 2017 at 15:16:22

Kebangkitan Yesus
Last post by golgota in Belajar Alkitab on Apr 24, 2017 at 16:17:42

Tolong minta didoakan...!
Last post by butrus8cv in Konseling on Mar 19, 2017 at 07:33:46

Seminar Apologetika di GKKK Makassar
Last post by Denny in Agenda Kita on Jan 19, 2016 at 14:25:17

Video Seminar: "HYPER GRACE" (Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 27, 2015 at 09:45:33

Video Seminar: BIBIT, BEBET, BOBOT, & BIBLIKA (Pdt. YTH)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 23, 2015 at 05:15:55

We have received
12781856
page views since
April 2004

Mewartakan Salib dari Golgota

Copy and paste the text below to insert the button displayed above on your site. Thanks for your support!

Forum dan Diskusi > > Kekristenan > > Konseling > > FENOMENA "KESURUPAN" MASSAL
Result

FENOMENA "KESURUPAN" MASSAL
Punya masalah yang belum terpecahkan dan bingung mau minta nasihat ke siapa? Cobalah bagikan di sini, entar rekan-rekan kita akan membantu dengan memberikan nasihatnya.
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index > > Konseling
View previous topic :: View next topic  
Author Message
St.Dans
Newbie
Newbie


Joined: Aug 08, 2006
Posts: 116

PostPosted: Thu Aug 31, 2006 8:11 pm    Post subject: FENOMENA "KESURUPAN" MASSAL Reply with quote

Fenomena "Kesurupan" Massal
( Oleh: Daniel Susanto S.Th )
[/align]
Pendahuluan


Fenomena-fenomena “kesurupan” semakin sering terdengar belakangan ini. Kamis 23 Maret 2006 yang lalu, dikabarkan fenomena ini melanda beberapa karyawan sebuah Pabrik Rokok di Kota Malang. Sebelumnya fenomena ini terjadi dibeberapa tempat di Madura dan Jawa Timur, beberapa tahun lalu, fenomena ini terjadi di sebuah sekolah di Kota Padang. Bahkan beberapa hari lalu terjadi juga di Pulau Maluku. Gejala apakah ini? Untuk lebih jelasnya kita akan melihat dulu definisi berikut.

Definisi


“Kesurupan” atau “kerasukan” (rasuk) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tentang roh jahat yang masuk ke dalam tubuh manusia. Sedangkan Webster’s New World Dictionary (WNWD) posseed (kesurupan) mengatakan “controlled by an emotion or as if by an evil spirit; crazed; mad. Namun menurut The Contemporary English – Indonesian Dictionary (TCEID), “kesurupan” (possesed) dapat juga berarti terkekang. Jadi dapat dikatakan, kerasukan atau kesurupan adalah keadaan seseorang dimana ia merasa jiwanya terkekang, disebabkan oleh emosinya atau karena masuknya roh (jahat) / sesuatu dari alam gaib kedalam tubuh manusia.

Ciri-ciri “Kesurupan”


Ciri-ciri “kesurupan” yang bisa dilihat adalah tubuh kejang-kejang, disertai dengan mata terbelalak dan hanya terlihat bagian bola mata yang putih dan jika menatap, tatapannya kosong, depresi. Seringkali bicara sendiri dan melantur, atau ada pula tertawa sendiri tanpa ada kejadian yang lucu.

Sebab-sebab “Kesurupan” dan Dampaknya

Jika kita melihat definisi di atas, maka kita dapat menggolongkan dua penyebab terjadinya “kesurupan” atau “kerasukan.” “Kesurupan” atau “kerasukan” dapat disebabkan oleh keadaan psikis dan atau rohani.

Psikis

Para Psikiater mengatakan bahwa terjadinya fenomena tersebut barangkali karena terlalu banyaknya tekanan hidup ( depresi ), yang dialami oleh orang yang mengalami kesurupan, seperti yang belakangan ini terjadi di Indonesia.
Dengan banyaknya gejolak yang terjadi di bangsa ini; mulai dari krisis ekonomi yang tidak kunjung selesai dan menyebabkan beberapa kali kenaikan BBM, “kerusuhan,” bencana tsunami, gempa, lumpur panas dan lain-lain. Kekecewaan terhadap diri sendiri, keluarga, juga merupakan faktor pendukung terjadinya fenomena “kesurupan” tersebut. Faktor pendukung lainnya adalah tayangan-tayangan dalam Televisi Indonesia yang selalu menyajikan tentang kuasa-kuasa gelap (setan).
Leyens dan kawan-kawan (1975) mengamati perilaku agresif sejumlah
besar murid sekolah di Belgia. Perilaku yang diamati terjadi pada
situasi alamiah, bukan dilaboratorium…. Selama seminggu, satu
kelompok menerima lima buah film yang mengandung kekerasan dan
kelompok yang lain menonton lima buah film tanpa kekerasan…,
mereka yang menonton film kekerasan menunjukkan perubahan
perilaku ke arah yang lebih agresif (Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi
Komunikasi.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993).
Bagaimana fenomena “kesurupan” itu tidak terjadi, kalau setiap hari mereka menonton tayangan yang bersifat kuasa-kuasa gelap?


Rohani

Secara rohani penyebab “kesurupan” dapat dibagi oleh dua macam. Penyebab yang pertama adalah kuasa gelap (setan, iblis) yang oleh para “orang pintar” katakan “kesurupan” disebabkan oleh agresi (invasi) mahluk halus yang tidak dapat dilihat oleh mata jasmani kita.dan bersifat negatif. Mengapa bersifat negatif? Karena, sering kali orang yang “kesurupan” dengan cara ini melakukan pengrusakan bahkan pembunuhan. Orang-orang yang dirasuk dengan cara demikian biasanya tidak sadarkan diri, bahkan seringkali tidak membawa ketentraman dan kedamaian.
Kedua adalah kuasa Allah (bagi Kekristenan sering disebut dengan Baptisan Roh Kudus atau Kepenuhan Roh Kudus). Orang-orang yang dipenuhi oleh Roh Allah (Kudus), akan merasakan damai sejahtera dan sukacita. ( Namun, kita semua pasti setuju bahwa kepenuhan Roh Kudus lebih baik tidak kita sebut dengan “kesurupan” dan kesurupan lebih baik dipakai untuk mereka yang dikuasai oleh kuasa gelap / iblis ).

Solusi bagi Orang yang “Kesurupan”


Korban “kesurupan” baik oleh karena depresi dan atau kuasa gelap, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, tidak ada tawar menawar lagi, mereka harus datang kepada Yesus. Kemudian menyerahkan hidupnya kepada Yesus dan menjadikannya Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi. Itulah langkah awal yang harus mereka ambil.
Mengapa demikian? Karena Dia adalah Allah! segala kuasa di atas maupun di bawah bumi, ada dalam kendali-Nya.
Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. ( Kolose 1:13-17, TB – LAI ).
Kedua. Dia adalah Allah yang setia dan telah berjanji memberikan kelegaan dan Dialah yang menanggung segala persoalan kita.
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan ( Matius 11:28-30, TB – LAI ).
Ketiga, kuasa iblis telah Dia kalahkan! Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus ( Matius 4:10-11, TB – LAI ). Masih banyak segudang janji Allah kepada kita, agar kita dapat terhindar dan terbebas dari “kesurupan” tersebut ( yang kalau dituliskan semua janji-janji Allah tersebut, tidak akan cukup dalam paper singkat ini ). Namun pertanyaan-Nya adalah maukah kita menyerahkan hidup kita kepada Tuhan Yesus Kristus dan menjadikan-Nya Tuhan dan Juruselamat kita secara pribadi?
Selanjutnya bagi mereka yang karena depresi, kecewa, selain kita datang kepada Tuhan Yesus dan menjadikan Dia sebagai Juruselamat pribadi. Langkah berikutnya adalah memohon ampun akan kesalahan dan dosa kita dan kita juga harus memberikan pengampunan kepada orang yang telah membuat kita depresi.

Konklusi


Wujud dari penyataan Tuhan Yesus yang memberikan kelegaan, kelepasan dari kuasa dosa dan iblis adalah pada puncak pelayanan-Nya ketika Dia di bumi. Yakni, SALIB. Ketika peristiwa Penyaliban serta Kebangkitan-Nya, hal itu merupakan Proklamasi-Nya kepada dunia dan kuasa kegelapan bahwa Dia ( Yesus ) adalah Raja Atas Sekalian Alam. Di dalam Dia ada kelepasan dan kemenangan.
Apakah di antara kita mau agar keluarga, teman dan orang-orang yang anda kenal, terhindar dan bebas dari Kesurupan? Penulis yakin kita telah mengetahui jawaban dan solusinya. Tuhan memberkati!!!!!![marq=left][marq=right]
Back to top
View user's profile Send e-mail
Angel
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 436
Location: In His heart

PostPosted: Fri Sep 01, 2006 11:52 am    Post subject: Re: FENOMENA "KESURUPAN" MASSAL Reply with quote

ALoW,

wah, benar sekali kata om Dan, kita harus datang ke Yesus, karena Dialah tabib yang sejati.

Saya baru tau lho kalo kesurupan bisa juga disebabkan oleh depresi. Baru tau saya. Wah, saya harus hati2 nih, gak boleh stresss, nanti bisa kemasukan.

any idea??? any comments??

thx om Dan.............
thx all........................
bye.............................
GBUs

_________________
Always be God's love!!!
Back to top
View user's profile
KERMID
Newbie
Newbie


Joined: Mar 13, 2008
Posts: 129

PostPosted: Thu Mar 13, 2008 4:15 am    Post subject: Re: FENOMENA "KESURUPAN" MASSAL Reply with quote

Kesurupan yang terjadi misalnya pada acara kuda lumping

adalah kesurupan secara sengaja

berbicara mengenai kesurupan, berarti berbicara mengenai perkara roh

tetapi bagi orang Kristen sejati tidak mengenal kamus kesurupan

kenapa?

ini jawabannya

IYoh 4:4
Tetapi Anak-anakku, kalian milik Allah. Kalian sudah mengalahkan nabi-nabi palsu, sebab Roh yang ada padamu lebih berkuasa daripada roh yang ada pada orang-orang milik dunia ini.

_________________
BLESS IN JC ;o)
Back to top
View user's profile Visit poster's website
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index -> Konseling All times are GMT + 7 Hours
Page 1 of 1


Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum
You cannot attach files in this forum
You can download files in this forum


Semua artikel, forum, dan berita di situs ini adalah tanggung jawab para pengirim.
Silakan menyadur atau meng-copy seizin kami. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber: salib.net.
Interactive software released under GNU GPL, Code Credits, Privacy Policy
Azul theme and related images designed by Jamin - upgraded by Phoenix.