salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota



· Taruh di Home Page

Welcome Anonymous

Nickname
Password

Membership:
Latest: buyjerseysdallas
New Today: 0
New Yesterday: 0
Overall: 1614

People Online:
Members: 0
Visitors: 25
Bots: 1
Staff: 0
Staff Online:

No staff members are online!
Last 10 Forum Messages

Dallas Cowboys Jersey of the game
Last post by buyjerseysdallas in Berita/Artikel di Salib.Net on Nov 10, 2017 at 05:52:31

Dvd Debat Islam Vs Kristen ke 7 sudah tesedia
Last post by golgota in Agenda Kita on Sep 23, 2017 at 10:02:38

Debat Islam vs Kristen di Surabaya
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 28, 2017 at 14:51:17

Rencana Debat terbuka dgn Islam di Univ.Muhammadiyah Sidoard
Last post by golgota in Agenda Kita on Aug 16, 2017 at 23:25:28

Gsm Membahas : Doktrin Allah Tritunggal
Last post by golgota in Agenda Kita on May 30, 2017 at 15:16:22

Kebangkitan Yesus
Last post by golgota in Belajar Alkitab on Apr 24, 2017 at 16:17:42

Tolong minta didoakan...!
Last post by butrus8cv in Konseling on Mar 19, 2017 at 07:33:46

Seminar Apologetika di GKKK Makassar
Last post by Denny in Agenda Kita on Jan 19, 2016 at 14:25:17

Video Seminar: "HYPER GRACE" (Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 27, 2015 at 09:45:33

Video Seminar: BIBIT, BEBET, BOBOT, & BIBLIKA (Pdt. YTH)
Last post by Denny in Lainnya on Dec 23, 2015 at 05:15:55

We have received
12780153
page views since
April 2004

Mewartakan Salib dari Golgota

Copy and paste the text below to insert the button displayed above on your site. Thanks for your support!

Forum dan Diskusi > > Umum > > Berita dan Kejadian > > Berita2 seputar pembongkaran 3 gereja di Bekasi ...:(
Result

Berita2 seputar pembongkaran 3 gereja di Bekasi ...:(
Apa yang terjadi di sekitar kita dapat didiskusikan di sini. Termasuk berita hangat dan yang menjadi topik pembicaraan banyak orang.
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index > > Berita dan Kejadian
View previous topic :: View next topic  
Author Message
dessy
Newbie
Newbie


Joined: Oct 07, 2004
Posts: 385

PostPosted: Tue Jun 17, 2008 12:23 am    Post subject: Berita2 seputar pembongkaran 3 gereja di Bekasi ...:( Reply with quote

BUPATI BEKASI TOLAK JELASKAN PEMBONGKARAN GEREJA
Minggu, 15 Juni 2008 - 17:25 wib, Siswanto - news.okezone.com


JAKARTA - Bupati Bekasi, Sa'aduddin, menolak memberikan penjelasan kepada masyarakat menyangkut pembongkaran paksa tiga bangunan gereja, gereja HKBP, Gekindo dan GPDI di Perumahan Jatimulya, Tambun, Kabupaten Bekasi.

Berkali-kali dihubungi melalui nomor telepon pribadi, Sa'aduddin tidak bersedia mengangkat. Karena yang bersangkutan menolak mengangkat telepon, okezone dua kali mengirimkan pesan singkat untuk menjelaskan pentingnya konfirmasi terkait kasus pembongkaran itu.

Tapi, tetap saja Sa'aduddin yang diusung Partai Keadilan Sejahtera itu tidak bersedia memberikan tanggapan.

Diwartakan sebelumnya, umat Kristen dari ketiga gereja menggelar doa bersama untuk menyikapi pembongkaran itu tadi. Sejak disegel, mereka beribadah di luar bangunan.

Koordinator Tim Pembela Kebebasan Beragama Saor Siagian mengungkapkan, pembongkaran dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini petugas Trantib secara sepihak.(sis)

* * * * *

GEREJA DI BEKASI DIANGGAP SALAHI ATURAN

Minggu, 15 Juni 2008 - 17:51 wib, Siswanto - news.okezone.com


JAKARTA - Camat Tambun Selatan, Tustana menegaskan, tindakan aparat terhadap gereja di Perumahan Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, sudah berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan Pemerintah kabupaten Bekasi.

"Kalau gereja mau gugat ua sah-sah saja karena kita sudah sesuai dengan peraturan. Pihak gereja yang melanggarnya," kata Tustana, Minggu (15/6/2008).

Ketentuan yang dimaksud Tustana ialah Surat Keputusan (SK) Bupati Bekasi tahun 2005 mengenai larangan beribadah dirumah tinggal. "Itu dilanggar karena itu dilarang di tempat itu," katanya.

Persoalan keberadaan tempat ibadah ini sudah berlangsung sejak 2003 lalu. Menurut pihak kecamatan, ijin tempat itu sebagai rumah tinggal, namun menjadi tempat ibadah. (sis)

* * * * *

KORBAN PEMBONGKARAN GEREJA MENGGUGAT PEMKAB BEKASI

Minggu, 15 Juni 2008 - 17:21 wib, Siswanto - news.okezone.com


JAKARTA - Korban pembongkaran gereja di Perumahan Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, menilai pemerintah setempat melakukan pelanggaran kesepakatan untuk tidak melakukan bongkar paksa. Rencananya, pihak gereja akan melakukan gugatan terhadap kasus ini.

"Pemkab daerah melanggar kesepakatan yang sudah kita 30 Oktober 2005 yang berisi pernyataan tidak akan membongkar bangunan," kata Pendeta HKBP Getsemani, Erwin Marbun, kepada wartawan, Minggu (15/6/2008).

Saat ini, HKBP Getsemani telah melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian. Selanjutnya, mereka akan mempersiapkan gugatan hukum terhadap Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Kesekapakatan lain yang dilanggar ialah pemerintah mengingkari perjanjian untuk memfasilitasi mencari lokasi baru untuk pembangunan gereja.

Erwin mengaku heran, keberadaan bangunan gereja itu sebenarnya tidak bermasalah. Tetapi, tiba-tiba dianggap melakukan alih fungsi peruntukan, yaitu dari tempat tinggal menjadi tempat ibadah.

"Selama ini tidak bermasalah, tapi kenapa disegel. Alasannya alih fungsi bahkan tidak ada pemberitahuan pembongkaran sebelumnya," katanya.

Sebelumnya, petugas dari Pemerintah Kabupaten Bekasi membongkar paksa tiga bangunan gereja, gereja HKBP, Gekindo dan GPDI.

Ssecara terpisah, Bupati Bekasi Sa'aduddin menolak untuk memberikan penjelasan. Berkali-kali telepon pribadinya dihubungi, dia sama sekali tidak bersedia mengangkat. Bahkan, pesan singkat yang dikirimkan ke nomor telpon milik bupati yang diusung Partai Keadilan Sejahtera ini juga tidak direspon.(sis)

* * * * *

3 GEREJA DI BEKASI DIBONGKAR, DOA BERSAMA DIGELAR

Minggu, 15 Juni 2008 - 08:27 wib, Fitra Iskandar - news.okezone.com


JAKARTA - Jemaat tiga gereja dari HKBP,Gekindo dan GPDI di Jalan Melati Ujung, Tambun, Bekasi Timur akan menggelar doa bersama menyikapi pembongkaran secara paksa tiga bangunan gereja di wilayah itu Sabtu kemarin (14/6).

"Kami akan mengadakan doa bersama pukul 11.00 WIB menyikapi pembongkaran itu," kata koordinator Tim Pembela Kebebasan Beragama Saor Siagian, kepada okezone, Minggu (15/6/2008).

Pembongkaran yang dilakukan Trantib itu dinilai Saor dilakukan sepihak. Sebab meski sebelumnya pihak Kecamatan, mengeluarkan surat penutupan kepada pengurus gereja, namun pembongkaran dianggap menyalahi kesepakatan yang sebelumnya ditandatangai pihak kecamatan dan gereja yang difasilitasi Kapolda Firman Gani.

Pembongkaran, menurut Saor, terkait dengan adanya desakan sebagian kelompok orang yang mengatasnamakan warga sekitar untuk menutup tiga gereja tersebut dua tahun lalu. Pada saat itu jemaatpun sempat menggelar ibadah di jalanan selama 8 pekan.

Melihat kondisi itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Adang Firman sempat turun menangani persoalan tersebut dan meminta jemaat gereja tidak menggelar ibadahnya di jalanan karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian kesepakatan antara pengurus gereja dan kecamatan pun dibuat isinya gereja tersebut tidak boleh dibongkar sebelum ada bangunan pengganti.

"Bangunan itu tidak boleh diutak-atik sebelum ada bangunan gereja yang baru, tapi pihak kecamatan tanpa alasan yang jelas langsung mengeluarkan surat pada Senin kemarin dan membongkar gereja," jelas Saor.

Untuk itu menurut Saor, pihaknya akan membawa kasus tersebut ke Komnas HAM dan akan menggugat secara hukum pihak kecamatan. "Karena ini kan domain hukum, kami akan mengajukan gugatan mengenai perusakan ini," jelas Saor.

Sementara itu pembongkaran gereja menurut Saor belum selesai karena petugas tidak menurunkan alat berat. Saor khawatir pembongkaran akan kembali dilakukan hari ini. (sis)


Tapi.....aku adalah bagian dari orang Indonesia yg tdk punya rasa malu..!
Back to top
View user's profile
Buddy
Newbie
Newbie


Joined: Jun 02, 2006
Posts: 2743
Location: The Real City of Heroes

PostPosted: Wed Dec 29, 2010 8:14 pm    Post subject: Re: Berita2 seputar pembongkaran 3 gereja di Bekasi ...:( Reply with quote

Shallom,

INDAH sekali pesan yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri perayaan Natal Nasional. Negara akan melindungi segenap warganya agar bisa menjalankan peribadatan dengan tenang.

Hanya saja seperti dikatakan Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia, persoalan yang kita perlukan sekarang bukan hanya kata-kata manis. Yang diperlukan oleh kita sebagai bangsa adalah bagaimana setiap warganegara benar-benar bisa menjalankan ibadahnya dengan baik.

Inilah persoalan yang seperti api dalam sekam. Yang kita hadapi adalah ketegangan di antara anggota masyarakat, hanya semua itu memang tidak kasat mata. Hanya saja tiba-tiba meledak dan mengoyahkan ketenangan.

Persoalan menjadi bertambah pelik karena kita selalu berupaya menutup mata dari fakta yang ada. Kita tidak pernah mau mengakui bahwa ada persoalan di tingkat masyarakat dalam urusan agama.

Karena kita tidak pernah mau mengakui ada persoalan, maka kita tidak pernah bersungguh-sungguh menyelesaikannya. Akibatnya di tingkat masyarakat yang ada ada ketegangan yang bisa berbuntut konflik atau kekerasan.

Kondisi seperti ini sesungguhnya membahayakan kesatuan bangsa. Benih-benih perpecahan bangsa bisa terjadi karena persoalan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Inilah yang sejak negara ini merdeka selalu dijaga oleh para pemimpin bangsa.

Sungguh sayang apabila persatuan yang kita jaga begitu lama, hancur karena kealpaan kita menjaga kebersamaan. Keberagaman yang ada hanya menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

Sebetulnya kita bisa menggunakan toleransi yang sudah mengakar pada bangsa ini untuk menjaga persatuan. Hanya saja toleransi ini membutuhkan contoh dan teladan. Secara sungguh-sungguh pemimpin memberikan contoh bagi diterapkannya toleransi.

Kalau toleransi tidak bisa dipakai untuk menjaga hubungan di antara anggota masyarakat, kita masih memiliki hukum. Dengan hukum yang diterapkan dengan tegas, maka orang tidak berani untuk berbuat seenaknya.

Di sinilah kita sering merasa prihatin. Baik toleransi maupun hukum tidak kita gunakan dengan baik. Akibatnya yang sering kita lihat adalah tindakan main hakin sendiri, yang kuat menjadi penguasa.

Kekerasan dengan menggunakan tameng agama sangatlah menakutkan. Apalagi ketika hukum tidak bisa mencegah orang untuk bertindak tidak berperikemanusiaan. Nyawa bisa menjadi tidak harganya.

Kondisi yang kita hadapi memang belum separah kekerasan bertameng agama seperti yang terjadi di India. Bentrokan komunal bukan hanya terjadi dengan frekuensi yang sangat tinggi di sana, tetapi dengan bentuk yang kadang mengerikan.

Kita tidak boleh membiarkan hal seperti itu terjadi di negara kita. Toleransi tinggi yang sudah menjadi identitas bangsa ini haruslah bisa dijaga. Kuncinya adalah kemauan kita untuk merawatnya.

Merawat itu bukanlah sesuatu yang terlalu sulit karena kita pernah melakukannya. Kuncinya adalah kemauan, terutama para pemimpin, untuk memberikan contoh yang baik untuk menjadi saling tenggang rasa.

Kalau kita bicara pemimpin, itu tidak hanya terbatas pemimpin politik saja. Pemimpin agama dan juga pemimpin masyarakat mempunyai tanggung yang sama untuk menyebarkan kebaikan. Mereka turut bertanggung jawab untuk menjaga toleransi yang ada.

Sekali lagi itu tidak cukup dilakukan dengan hanya mulut manis. Tetapi benar-benar turun ke tengah masyarakat untuk mengajar kebajikan. Kita secara sungguh-sungguh menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh dengan toleransi.

_________________
"Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada YHWH, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; ALLAH yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau illah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada YHWH!"
Back to top
View user's profile Send e-mail Yahoo Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic   Printer Friendly Page     Forum Index -> Berita dan Kejadian All times are GMT + 7 Hours
Page 1 of 1


Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum
You cannot attach files in this forum
You can download files in this forum


Semua artikel, forum, dan berita di situs ini adalah tanggung jawab para pengirim.
Silakan menyadur atau meng-copy seizin kami. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber: salib.net.
Interactive software released under GNU GPL, Code Credits, Privacy Policy
Azul theme and related images designed by Jamin - upgraded by Phoenix.